RUPST-2024---ABT-TRAVEL-1

PT. Arsy Buana Travelindo (“HAJJ”) Umumkan Kinerja Positif Dan Pengangkatan Komisaris Independen

PT Arsy Buana Travelindo Tbk (“Perseroan”) kode saham “HAJJ”, perusahaan fasilitator perjalanan haji dan umrah di Indonesia, telah menjalankan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis, 27 Juni 2024. Dalam rapat tersebut, Perseroan menyampaikan berbagai pencapaian positif selama tahun 2023 dan kuartal pertama tahun 2024 serta melakukan pengangkatan Komisaris
Independen yang baru.

Pada tahun 2023, Perseroan mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar57,62% menjadi Rp 318,19 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersih juga naik sebesar 94,30% menjadi Rp 4,83 miliar. Salah satu pencapaian penting lainnya di tahun 2023 adalah pendirian anak perusahaan di Arab Saudi dengan tujuan untuk memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada jamaah.

Selama kuartal pertama tahun 2024, Perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 306,06 miliar, meningkat 190% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 150%, mencapai Rp 9,90 miliar. Pencapaian ini terutama didorong oleh peningkatan pengelolaan kamar hotel yang mencatatkan pendapatan sebesar Rp 274,78 miliar.

Industri perjalanan ibadah ke Arab Saudi menunjukkan kondisi yang sangat positif, terlihat dari lonjakan jumlah jamaah umrah selama bulan Ramadhan dan musim Haji. Hal ini berdampak langsung pada kinerja keuangan Perseroan yang terus menunjukkan pertumbuhan. Partisipasi Perseroan pada Forum Umrah dan Ziyarah di Madinah pada bulan April 2024 serta peningkatan pengelolaan kamar hotel
mencerminkan upaya Perseroan dalam memperkuat layanan kepada jamaah.

Baja Juga : Laba dan Pendapatan Arsy Buana Travelindo (HAJJ) Kompak Melesat di Kuartal I-2024

“Perseroan berkomitmen untuk terus bertumbuh dengan menjalin hubungan erat dengan berbagai pemangku kepentingan dan meningkatkan pengelolaan kamar,” ujar Bapak Agung Prabowo, Direktur Keuangan Perseroan. Berdasarkan rekomendasi dari PT Madinah Iman Wisata selaku Pemegang Saham Pengendali serta Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan, disetujui untuk memberhentikan dengan hormat Bapak Andi Sudhana, SE, Ak. dari jabatannya sebagai Komisaris Independen Perseroan dan mengangkat Bapak Sammy T.S. Lalamentik sebagai Komisaris Independen yang baru.

Bapak Sammy T.S. Lalamentik, merupakan warga negara Indonesia berusia 61 tahun, berdomisili di Jakarta, memiliki pengalaman luas di bidang keuangan dan audit. Beliau pensiun dari OJK pada tahun 2020 dan saat ini juga menjabat sebagai Komisaris dan Komite Audit di beberapa perusahaan. Pengangkatan ini diharapkan dapat membawa perspektif baru dan kontribusi positif bagi Perseroan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham atas kepercayaan dan dukungannya. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan serta menjaga kepercayaan pemegang saham dan jamaah. Kami optimis dapat terus menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham.” ujar Bapak Saipul Bahri, Direktur Utama PT Arsy Buana Travelindo Tbk.